Minggu, 20 November 2011

Bagian-bagian Motherboard


MOTHERBOARD

Motherboard atau disebut juga dengan Papan Induk Motherboard merupakan komponen utama dari sebuah PC, karena pada Motherboard-lah semua komponen PC anda akan disatukan. Bentuk motherboard seperti sebuah papan sirkuit elektronik. Motherboard merupakan tempat berlalu lalangnya data. Motherboard menghubungkan semua peralatan komputer dan membuatnya bekerja sama sehingga komputer berjalan dengan lancar.

Gambar 1.1 Motherboard

Komponen-komponen motherboard

1. Konektor Power
Konektor Power AT Konektor Power ATX

gambar 1.2 konektor power ATX
Konektor power ATX adalah pin yang menyambungkan motherboard dengan power supply di casing sebuah komputer. Pada motherboard tipe AT, casing yang dibutuhkan adalah tipe AT juga. Konektor power tipe AT terdiri dari dua bagian, di mana dua kabel dari power supply akan menancap di situ. Pada tipe ATX, kabel power supply menyatu dalam satu header yang utuh, sehingga Anda tinggal menancapkannya di motherboard. Kabel ini terdiri dari dua kolom sesuai dengan pin di motherboard yang terdiri atas dua larik pin juga. Ada beberapa motherboard yang menyediakan dua tipe konektor power, AT dan ATX. Kebanyakan motherboard terbaru sudah bertipe ATX.

gambar 1.3 konektor ATX 

2. Socket dan Slot Processor
gambar 1.4 soket LGA 775

Terdapat beberapa tipe colokan untuk menancapkan prosesor Anda. Model paling lama adalah ZIF ( Zero Insertion Force) Socket 7 atau opular dengan istilah Socket 7. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel, AMD, atau Cyrix. Biasanya digunakan untuk prosesor model lama (sampai dengan generasi 233 MHz). Ada lagi socket yang dinamakan Socket 370. Socket ini mirip dengan Socket 7 tetapi jumlah pinnya sesuai dengan namanya, 370 biji. Socket ini kompatibel untuk prosesor bikinan Intel. Sementara AMD menamai sendiri socketnya dengan istilah Socket A, di mana jumlah pinnya juga berbeda dengan socket 370. Istilah A digunakan AMD untuk menunjuk merek prosesor Athlon. Untuk keluarga prosesor Intel Pentium II dan III, slot yang digunakan disebut dengan Slot 1, sementara motherboard yang menunjang prosesor AMD menggunakan Slot A untuk jenis slot yang seperti itu. 


3. North Bridge Controller
gambar 1.5 chipset North Bridge
Chipset North Bridge yang terdapat di bawah heatsink yang dilengkapi kipas ini bekerja sama dengan chipset southbridge untuk melakukan pengaturan terhadap video card, processor, dan memory. Pada chipset ini memiliki beberapa fitur baru yang mampu memberikan port kecepatan tinggi untuk koneksi LAN dan tambahan ekstra PCI Express.




4. SouthBridgeController

gambar 1.6 chipset South Bridge
Di bawah heatsink itu terdapat chipset southbridge yang berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap input dan output beberapa komponen seperti harddisk, optical drive, USB ports, dan slot tambahan PCI Express. Seiring dengan banyaknya tuntutan proses yang harus dilakukan, maka kini chipset ini dilengkapi dengan heatsink agar lebih stabil.
Peripheral kontroler terintegrasi VIA VT8235 yang mensupport berbaai I/O fungsi termasuk 2-channel ATA/133 bus master IDE controller, asmpai 6 port USB 2.0, nterface LCP super I/O, interface AC’97 dan PCI.

5. Socket Memori

Untuk Tipe Soket yang berada dimasyarakat saat ini ada 2 tipe soket : 
  • DDR SDRAM (Double Data Rate SDRAM) yang terdiri dari 184 pin yang memiliki jalur data 64bit. untuk tipe Ram sendiri : DDR2 dan DDR3. Memori ini sendiri terdapat pada komputer.
  • SO DIMM (Small Outline Dual Inline Memory Modul) merupakan form memori yang berukuran kecil .meori ini sendiri terdapat pada Notebook atau Laptop.
Socket ini dirancang satu arah. Anda tidak mungkin memasangnya terbalik, karena alur di motherboard sudah disesuaikan dengan tipe socket DIMM itu sendiri. 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar